Pelatihan Moda Daring

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

Hasil UKG sudah diketahui oleh masing-masing guru. Tiap sub kompetensi juga sudah diketahui warna merah atau hitam. Pembagian katagoripun sudah bisa dipetakan. Pelatihan pènuh model daring, kombinasi atau full tatap muka. Saatnya guru menjadi guru pembelajar. Yaitu guru yang selalu belajar tanpa henti.

Jadwal model pembelajaran guru pembelajar sudah diinformasikan. Konon sejak minggu lalu sudah ada mata pelajaran yang dudah berjalan. Pun demikian masih banyak mata pelajaran yang belum mendapat giliran karena kontennya belum siap.

IGI Kota Yogyakarta menyambut program guru pembelajar dengan mengadakan pelatihan terlebih dahulu,  terutama bagi guru yang masuk katagori daring penuh. Kami hanya ingin mengetahui sejauh mana peserta siap untuk memgikuti guru pembelajar.

Bertempat di Ruang Truntum Kantor Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta kami laksanakan program tersebut. selain ruangan yang nyaman, sudah tersedia fasilitas wifi gratis. Peserta tinggal memasukkan user dan pass word, diharapkan pelatihan berjalan lancar. Harapan tinggal harapan. Rencana boleh ideal. Realita keadaan berbeda dari niat. Banyak peserta yang belum bisa menghubungkan wifi ke lap top yang sudah dibawa. Itu pekerjaan pertama

Pekerjaan selanjutnya adalah menuntun peserta mengenali menu yang ada dalam konten. Sebagai latihan, instruktur memberi pilihan yang sudah disediakan. Mapel IPS, PKn, dan Seni Budaya. Beberapa menu dasar bisa paham karena sifatnya hanya perintah. Baru jadi masalah bila nantinya peserta harus mengirimkan tugas.

Kalau hanya tulisan mudah-mudahan tidak ada hambatan. Tapi kalau harus melampirkan gambar. Karena peserta harus menyiapkan gambar terlebih dahulu. Gambar disimpan dimana. File dalam bentul png, jpg, bmg atau yang lain. Disinilah biasanya peserta bingung.

Dengan segala bentuk kekurangan itu, kami patut bangga bahwa peserta masih antusias untuk mengikuti pelatihan. Setidaknya sudah pernah masuk dalam konten daring. Bagaimana bagi mereka yang belum tahu sama sekali namun tidak ikut pelatihan.

Dokumen igi

Dokumen igi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *