IGI Jogja Berbagi

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

Sebuah kerjasama yang harmonis terukir antara Musyawarah Guru Bimbingan Konseling SMP dengan Ikatan Guru Indonesia Kota Yogyakarta. Apalagi kalau bukan berita hangat, Guru Pembelajar (GP). Kerja bareng ini dapat terlaksana berkat komunikasi yang terus terjalin. Sehingga gagasan yang awal mulanya dianggap remeh, namun menghasilkan kesepakatan yang sangat bermanfaat.

Dahulu, IGI menawarkan sebuah program dalam rangka meningkatkan kompetensi guru yaitu pelatihan guru pembelajar untuk model daring. Ajakan ini ditujukan kepada semua pengurus mgmp tingkat smp. IGI menggandeng beberapa nara sumber yang pernah mengikuti Instruktur Nasional (IN). Dengan harapan, tutor tersebut dapat membantu peserta untuk menyelami lebih jauh konten guru pembelajar. Sebab IGI sadar, belum semua guru familier dengan kursus model on line.

Berkaca dari pengalaman menyelenggarakan pelatihan model daring beberapa waktu yang lalu, kami bisa sedikit lega. Karena beberapa hal yang terkait dengan teknologi informasi sudah mulai teratasi. 80 an orang guru BK yang mengikuti pelatihan ini sudah lumayan mengerti trik-trik yang harus dilakukan saat menjalankan guru pembelajar. Namun demikian tidak semua orang lancar dalam menjalankan program tersebut. Utamanya kekuatan wifi yang terbatas.

Pelatihan yang dipandu oleh Ibu Sekhah Evi dan Bapak AMK Affandi dapat berjalan sebagaimana skenario yang telah dipersiapkan. Konten yang dipakai memakai tutorial IPS. Suasana di area pelatihan juga mendukung yaitu di SMPN 5 Yogyakarta. Fasilitas ruang pertemuan ataupun ketersediaan wifi cukup.

Diakhir acara, ada sebuah kesepakatan yang tidak tertulis, bahwa besok saat pelaksanaan daring ada itikad belajar bersama. Kami memberi sedikit solusi, dengan membuat kelompok berdasarkan warna merahnya. Ada kelo.pok A, B, dan seterusnya. Dengan belajar bersama diharapkan semua peserta bisa saling memberi informasi.

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *